0S3d5zLbo07wzSes8mCOCYtdrGvF6lw61q5ubEAM
Bookmark
{{ date }}
{{ time }}
Sudah SHOLAT kah Anda?

Doa Mengobati dan Menghindari Penyakit Ain, Hati-Hati Foto Anda di Medsos Bisa jadi penyebab Penyakit Ain

Doa Terhindar dan Mengobati Penyakit Ain
Doa agar Terhindar dan Mengobati Penyakit Ain

Adanya penyakit yang tidak terdiagnosis oleh ilmu kedokteran yang sering menimpa orang - orang tertentu, menjadikan berbagai pertanyaan dari mana, bagaimana penyakit bisa datang tampa sebab, dan ternyata sebabnya adalah penyakit Ain. Apa itu penyakit Ain?

Pengertian Penyakit Ain

Penyakit ‘ain adalah penyakit baik pada badan maupun jiwa yang disebabkan oleh pandangan mata orang yang Iri, dengki, Hasad ataupun takjub/kagum, sehingga dimanfaatkan oleh setan dan bisa menimbulkan bahaya bagi orang yang terkena.

Ibnul Atsir rahimahullah berkata,

ﻳﻘﺎﻝ: ﺃﺻَﺎﺑَﺖ ﻓُﻼﻧﺎً ﻋﻴْﻦٌ ﺇﺫﺍ ﻧَﻈﺮ ﺇﻟﻴﻪ ﻋَﺪُﻭّ ﺃﻭ ﺣَﺴُﻮﺩ ﻓﺄﺛَّﺮﺕْ ﻓﻴﻪ ﻓﻤَﺮِﺽ ﺑِﺴَﺒﺒﻬﺎ

“Dikatakan bahwa Fulan terkena ‘Ain , yaitu apa bila musuh atau orang-orang dengki memandangnya lalu pandangan itu mempengaruhinya hingga menyebabkannya jatuh sakit."

Sekilas ini terkesan mengada-ada atau sulit diterima oleh akal, akan tetapi Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menegaskan bahwa ‘ain adalah nyata dan ada. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

ﺍﻟﻌﻴﻦ ﺣﻖُُّ ﻭﻟﻮ ﻛﺎﻥ ﺷﻲﺀ ﺳﺎﺑﻖ ﺍﻟﻘﺪﺭ ﻟﺴﺒﻘﺘﻪ ﺍﻟﻌﻴﻦ

“Pengaruh ‘ain itu benar-benar ada, seandainya ada sesuatu yang bisa mendahului takdir, ‘ainlah yang dapat melakukannya” [ HR. Muslim].

Baca : Mengenal Penyakit Ain dan Doa agar terhindar dari Pandangan Jahat

Contoh Kasus Penyakit Ain

Foto pribadi yang menunjukan kecantikan atau ke tampanan seseorang bisa mengundang penyakit Ain, jika Ada di antara kalian yang sering mengalami sakit kepala tanpa sebab bisa jadi anda terkena penyakit ain, karena pandangan takjub, yang disertai iri, dengki serta hasad, itu karena foto atau video yang dilihat oleh pandangan penyakit ain.

Foto anak yang lucu dan imut diposting di sosial media, kemudian bisa saja terkena ‘ain. Anak tersebut tiba-tiba sakit, nangis terus dan tidak berhenti, padahal sudah diperiksakan ke dokter dan tidak ada penyakit.

Gejala yang di timbulkan penyakit ini bisa tiba-tiba tidak mau menyusu sehingga kurus kering tanpa ada sebab penyakit.

Hal ini terjadi karena ada pandangan hasad kepada gambar itu atau pandangan takjub dan PENTING diketahui bahwa penyakit ‘ain bisa muncul meskipun mata pelakunya tidak berniat membahayakannya (ia takjub dan kagum).

Penyakit Ain Melalui Gambar atau Video

Ibnul Qayyim rahimahullah menjelaskan,

ﻭﻧﻔﺲ ﺍﻟﻌﺎﺋﻦ ﻻ ﻳﺘﻮﻗﻒ ﺗﺄﺛﻴﺮﻫﺎ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﺮﺅﻳﺔ ، ﺑﻞ ﻗﺪ ﻳﻜﻮﻥ ﺃﻋﻤﻰ ﻓﻴﻮﺻﻒ ﻟﻪ ﺍﻟﺸﻲﺀ ﻓﺘﺆﺛﺮ ﻧﻔﺴﻪ ﻓﻴﻪ ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﺮﻩ ، ﻭﻛﺜﻴﺮ ﻣﻦ ﺍﻟﻌﺎﺋﻨﻴﻦ ﻳﺆﺛﺮ ﻓﻲ ﺍﻟﻤﻌﻴﻦ ﺑﺎﻟﻮﺻﻒ ﻣﻦ ﻏﻴﺮ ﺭﺅﻳﺔ

”Jiwa orang yang menjadi penyebab ‘ain bisa saja menimbulkan penyakit ‘ain tanpa harus dengan melihat. Bahkan terkadang ada orang buta, kemudian diceritakan tentang sesuatu kepadanya, jiwanya bisa menimbulkan penyakit ‘ain, meskipun dia tidak melihatnya. Ada banyak penyebab ‘ain yang bisa menjadi sebab terjadinya ‘ain, hanya dengan cerita saja tanpa melihat langsung” [Zadul Ma’ad].

Syaikh Muhammad Shalih Al-Munajjid menjelaskan,

ﻭﺑﻬﺬﺍ ﻳﺘﺒﻴﻦ ﺃﻥ ﺍﻟﻌﺎﺋﻦ ﻗﺪ ﻳﻨﻈﺮ ﺇﻟﻰ ﺻﻮﺭﺓ ﺍﻟﺸﺨﺺ ﻓﻲ ﺍﻟﺤﻘﻴﻘﺔ ﺃﻭ ﻓﻲ ﺍﻟﺘﻠﻔﺎﺯ ، ﻭﻗﺪ ﻳﺴﻤﻊ ﺃﻭﺻﺎﻓﻪ ﻓﻴﺼﻴﺒﻪ ﺑﻌﻴﻨﻪ ، ﻧﺴﺄﻝ ﺍﻟﻠﻪ ﺍﻟﺴﻼﻣﺔ ﻭﺍﻟﻌﺎﻓﻴﺔ

“Oleh karena itu, jelaslah bahwa penyebab ‘ain bisa jadi ketika melihat gambar seseorang atau melalui televisi, atau terkadang hanya mendengar ciri-cirinya, kemudian orang itu terkena ‘ain. Kita memohon keselamatan dan kesehatan kepada Allah.

Cara Menghindari Penyakit Ain

Saat ini memang Mengunggah foto atau Video ke Jejaring sosial media menjadi trend yang sangat sulit dihindari, namun tahukah Anda jika ternyata hal tersebut bisa menimbulkan pandangan buruk dan penyakit Ain.

Bagaimna cara mnghindari penyakit Ain?

Berikut beberapa cara agar terhindar dari penyakit Ain yang lewat foto dan Video.

  1. Usahakan jangan memameekan Foto Video ke laman sosmed, entah itu foto diri, anak, keluarga dan suami.
  2. Jangan memosting keberhasilan usah / harta.
  3. Hindari memosting keluh kesah.
  4. Jangan Pamer akan kesuksesan di medsos.

Karena hal-hal tersebut rawan menyebabkan pandangan kagum yang berlebihan atau malah pandangan iri, dengki dan Khasad.

Gejala Orang yang terkena serangan Penyaki Ain

Ada berbagai macam gejala yang timbul ketika seseorang terserang penyakit Ain. Berikut ini 18 gejala penyakit ain diantaranya adalah:

  1. Sakit kepala yang berpindah-pindah.
  2. Wajah pucat.
  3. Sering berkeringat dan buang air kecil.
  4. Nafsu makan lemah.
  5. Mati rasa.
  6. Panas atau dingin di anggota badan.
  7. Detak jantung yang cepat dan tidak beraturan.
  8. Rasa sakit yang berpindah dari bawah punggung dan bahu.
  9. Bersedih dan merasa sempit (sesak) di dada
  10. Ketakutan yang tidak wajar.
  11. Sering bersendawa.
  12. Menguap atau terengah-engah.
  13. Menyendiri atau suka mengasingkan diri.
  14. Diam atau malas bergerak.
  15. Senang (terlalu banyak) tidur.
  16. Adanya masalah kesehatan tertentu tanpa ada sebab-sebab medis yang diketahui.

Lalu Bagaimana jika sudah terlanjur terkena penyakit Ain ? Seprti yang kita ketahui bahwa setiap penciptaan penyakit pasti ada Obatnya, berikut 6 cara mengobati penyakit Ain.

Cara Mengobati penyakit Ain

Cara mengobati orang yang terkena ‘Ain ada enam cara sebagaimana yang disebutkan oleh Syaikh Wahid Abdussalam Bali dalam kitab “Ash-Shorimul Battar”. Ke enam cara dibawah ini sebagaimana yang telah Nabi ajarkan kepada para Sahabat kala itu.

Berikut enam cara Nabi SAW mengobati Penyakit Ain :

Mandi Sunnah

Sebagaimana cara ini dilakukan oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam

Jika diketahui orang yang memandang tadi, maka ia diminta untuk mandi di atas ember besar sehingga airnya tertampung dan air sisa mandi ini disiram / diguyur sekaligus sekali guyuran ke atas kepala orang yang sakit, ia akan sembuh seketika itu pula. Di rriwayatkan oleh Imam Baihqi, dishahihkan oleh Imam Al-Albani dalam Shahihul Jami’).

Membacakan Doa Nabi

Dengan meletakkan telapak tangan di atas kepala si sakit kemudian membaca do’a yang diajarkan oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam sbb :

بِسْمِ اللَّهِ أَرْقِيكَ مِنْ كُلِّ شَيْءٍ يُؤْذِيكَ مِنْ شَرِّ كُلِّ نَفْسٍ أَوْ عَيْنِ حَاسِدٍ اللَّهُ يَشْفِيكَ بِاسْمِ اللَّهِ أَرْقِيكَ

“Dengan asma Allah aku meruqyahmu dari setiap hal yang mengganggumu, dan dari setiap keburukan setiap jiwa dan setiap mata yang jahat. Semoga Allah menyembuhkanmu, dengan asma Allah aku meruqyahmu.” (HR. Muslim).

Membacakan Doa

Letakkan telapak tangan di atas kepala si sakit kemudian bacalah do’a sbb :

بِسْمِ اللَّهِ يُبْرِيكَ وَمِنْ كُلِّ دَاءٍ يَشْفِيكَ وَمِنْ شَرِّ حَاسِدٍ إِذَا حَسَدَ وَشَرِّ كُلِّ ذِي عَيْنٍ.

“Dengan asma Allah semoga Allah memulihkanmu, dan semoga Allah menyembuhkanmu dari setiap penyakit, dan dari setiap keburukan orang yang hasad ketika mereka hasad, dan dari setiap pandangan mata jahat.” (HR Muslim ).

Baca : Doa Agar terhindar Dari Penyakit Ain

Mendoakan

Cara mengobati penyakit Ain keempat letakkan telapak tangan di atas kepala si sakit lalu bacalah do’a sbb :

اللَّهُمَّ ربَّ النَّاسِ ، أَذْهِب الْبَأسَ ، واشْفِ ، أَنْتَ الشَّافي لا شِفَاءَ إِلاَّ شِفَاؤُكَ ، شِفاءً لا يُغَادِرُ سقَماً

“Ya Allah Tuhannya manusia, hilangkanlah sakit, sembuhkanlah, Engkaulah Dzat Yang Maha Penyembuh, tiada kesembuhan melainkan dari Engkau asalnya, kesembuhan yang tidak meninggalkan bekas sakit.” (HR. Bukhari : 5675),

Membacakan Surat Al Muawwidzatain

Letakkan telapak tangan di bagian tubuh yang sakit kemudian baca surat : Qulhu, Falaq, Nas. (HR. Bukhari kitab Fadhailul Qur’an bab Al Muawwidzatain)

Membiasakan Berdzikir

Cara mengobati dan cara agar terhindar dari ‘Ain adalah dengan membiasakan dzikir pagi dan petang, dzikir sebelum tidur, dzikir setelah shalat, mendo’akan keberkahan pada orang yang kita kagumi ketika melihatnya.

Doa agar Terhindar Penyakit Ain

Doa agar terhindar dari penyakit 'Ain ini merupakan amalan yang diajarkan Malaikat Jibril kepada Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam. Penyakit 'Ain ini adalah nyata dan banyak orang yang mengalaminya.

Untuk diketahui, penyakit 'Ain disebabkan oleh kedengkian pandangan mata. Penyakit 'Ain ini mudah dideteksi, misalnya anak (bayi) suka menangis, rewel dan tiba-tiba panas demam. Atau seseorang yang mengalami demam, sakit perut, sakit kepala secara mendadak.

Selain itu suami dan istri yang mengalami perubahan sikap, mudah marah, emosi, enggan menerima nasihat, malas sholat atau berat untuk membaca Al-Qur'an. Itu semua disebabkan oleh penyakit 'Ain. Maka berikut solusinya sebagaimana disampaikan oleh Pengasuh Ponpes Ash-Shidqu Kuningan Habib Quraisy Baharun.

Disebutkan dalam sebuah riwayat bahwa Malaikat Jibril pernah mengajari Rasulullah SAW doa ketika Sayidina Hasan dan Husain radhiyallahu 'ahuman terkena penyakit 'Ain.

Berikut doa agar terhindar dari penyakit ain lengkap arab latin dan artinya:

اللَّهُمَّ ذَا السُّلْطَانِ الْعَظِيمِ ذَا الْمَنِّ الْقَدِيْمِ ذَا الوجهِ الْكَرِيْمِ وَلِيَّ الْكَلِمَاتِ التَّامَّاتِ وَالدَّعَوَاتِ الْمُسْتَجَابَاتِ عَافِنَا مِنْ أَنْفُسِ الْجِنِّ وَأَعْيُنِ الإِنْسِ

Allohumma dzas Sulthoonil 'Adziim, dzal Mannil Qodiim, Dzal wajhil Kariim, waliyyil Kalimaatit Tammah wad Da'awaatil Mustajaabaati 'Aafinaa min Anfusil Jinni wa A'yunil insi.

"Ya Allah, Dzat Yang memiliki kekuasaan yang agung, Dzat Yang memiliki anugerah yang terdahulu, Dzat Yang memiliki wajah (jalan) yang mulia, menguasai kalimat-kalimat yang sempurna, dan doa-doa yang mustajab, sembuhkanlah kami dari kejahatan jin dan pandangan mata manusia yang merusak."

Riwayat yang dimaksud disebutkan oleh Imam Ibnu Asakir dalam Kitab Tarikh Dimasyq dari Sayidina Ali karamallahu wajhah.

Setelah Nabi membaca doa tersebut, maka Al-Hasan dan AL-Husain langsung dapat berdiri dan bermain. Nabi bersabda: "Mintalah perlindungan untuk dirimu, istrimu dan anak-anakmu dengan doa ini".

Penutup

Penyakit Ain yang menyerang melalui foto atau video di Medsos dari pandangan dan perasaan jahat bisa saja terjadi kepada siapapun, jika kita tidak berhati - hati dan kurang akan memohon perlindungan Kepada Allah SWT.

Demikian tadi Bahaya Penyakit Ain bisa lewat foto dan 6 Cara mengobati penyakit Ain.

Semoga Bermanfaat dan kita selalu terlindung Dari bahaya penyakit Ain.

Wallahu a’lam

Terima kasih telah membaca artikel kami yang berjudul: Doa Mengobati dan Menghindari Penyakit Ain, Hati-Hati Foto Anda di Medsos Bisa jadi penyebab Penyakit Ain, jangan lupa IKUTI website kami dan silahkan bagikan artikel ini jika menurut Anda bermanfaat. Simak artikel kami lainnya di Google News.

Posting Komentar

Posting Komentar