0S3d5zLbo07wzSes8mCOCYtdrGvF6lw61q5ubEAM
Bookmark
{{ date }}
{{ time }}
Sudah SHOLAT kah Anda?

Kisah Doa Nabi Yunus Lengkap Arab Latin dan Artinya beserta Keutamaan dan Cara Mengamalkannya

Doa Nabi Yunus dalam Ikan Paus atau Ikan Nuun
Doa Nabi Yunus dalam Ikan Paus atau Ikan Nuun

Kisah Doa Nabi Yunus as beserta Keutamaan dan Cara Mengamalkannya / Doa Nabi Yunus: Amalan Bertaubat dengan Kesaksian Kekuasaan Alloh SWT.

Kisah Nabi Yunus AS

Doa Nabi Yunus merupakan salah satu doa yang penuh makna dalam Islam. Kisah Nabi Yunus, yang ditelan ikan paus dan kemudian diselamatkan oleh Allah, memberikan pelajaran berharga tentang kasih sayang dan kekuasaan Tuhan kepada hamba-Nya yang tawadhu dan bertobat.

Nabi Yunus adalah utusan Allah yang ditugaskan untuk menyampaikan ajaran-Nya kepada kaumnya di Ninawa, wilayah yang sekarang berada di Irak. Namun, ajakannya untuk beriman dan meninggalkan penyembahan kepada patung-patung ditolak dengan keras oleh kaumnya.

Putus asa dengan penolakan tersebut, Nabi Yunus berangkat dan menemui kapal yang akan menyeberang samudra. Namun, di tengah perjalanan, kapal mengalami badai hebat dan Nabi Yunus terpaksa dibuang ke laut untuk menghindari tenggelamnya kapal. Inilah saat awal perjalanan unik Nabi Yunus dalam perut ikan paus.

Berada di dalam perut ikan paus selama 40 hari, Nabi Yunus tidak putus asa dan terus berdoa dan berdzikir kepada Allah. Dalam kondisi yang mungkin tampak mustahil, Nabi Yunus tetap mengakui kekuasaan Allah dan memohon ampunan-Nya.

Bacaan Doa Nabi Yunus dalam Perut Ikan

Doa Nabi Yunus yang terkenal dapat ditemukan dalam Al-Quran, Surat Al-Anbiya ayat 87. Doa singkat ini menjadi bukti ketakwaan Nabi Yunus kepada Allah, yang menyatakan:

لاَ إِلَـٰهَ إِلَّا أَنتَ سُبْحَانَكَ إِنِّي كُنتُ مِنَ الظَّالِمِينَ

Laa ilaaha illa anta sub-haanaka innii kuntu minadh dhoolimiin.

"Tidak ada Tuhan selain Engkau. Maha Suci Engkau, sesungguhnya aku adalah termasuk orang-orang yang zalim." (QS. Al-Anbiya: 87)

Doa ini adalah bentuk pengakuan keagungan Allah dan pengakuan dosa-dosa Nabi Yunus. Ketika doa tersebut dibaca dengan tulus dan penuh penyesalan, Allah menjawab doa Nabi Yunus dengan mengeluarkannya dari perut ikan paus dan menyelamatkannya.

Baca juga : Doa di Baca Saat Anda Merasa Gundah Gulana

Cara mengamalkan Doa Nabi Yunus

Dalam kehidupan sehari-hari adalah sebagai amalan taubat dan memohon ampunan dari Allah. Banyak ulama merekomendasikan membaca doa ini sebanyak 40 kali setelah shalat Subuh. Bahkan, ada riwayat hadis yang menyatakan bahwa bacaan doa Nabi Yunus sebanyak 40 kali dapat membawa pahala mati syahid jika seseorang membacanya ketika orang sakit.

Selain itu, untuk meningkatkan efek bertaubat dan memohon ampunan, seseorang juga dapat mengamalkan doa Nabi Yunus dengan membacanya sebanyak 1.000 kali. Dengan niat tulus dan kesadaran akan dosa-dosa yang pernah dilakukan, doa ini menjadi sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah dan memohon rahmat-Nya.

Baca juga : Kumpulan Doa Nabi Dan Doa para Wali Allah

Kisah dan doa Nabi Yunus mengajarkan kita tentang pentingnya bertaubat dan mengakui kebesaran Allah. Meskipun dalam situasi yang sulit dan mustahil, ketulusan doa dan keteguhan iman akan mendapat balasan dari Allah yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang. Maka, mari kita mengamalkan doa Nabi Yunus sebagai bentuk bertaubat dan upaya untuk menjadi hamba yang lebih baik di hadapan Allah.

Wallahu A'lam

Baca Artikel Doa dan artikel lainnya di Google News

Terima kasih telah membaca artikel kami yang berjudul: Kisah Doa Nabi Yunus Lengkap Arab Latin dan Artinya beserta Keutamaan dan Cara Mengamalkannya, jangan lupa IKUTI website kami dan silahkan bagikan artikel ini jika menurut Anda bermanfaat. Simak artikel kami lainnya di Google News.

Posting Komentar

Posting Komentar