0S3d5zLbo07wzSes8mCOCYtdrGvF6lw61q5ubEAM
Bookmark
{{ date }}
{{ time }}
Sudah SHOLAT kah Anda?

Doa Memasuki Bulan Romadhon dan Hal yang Dipersiapkan Menyambut Romadhon

Doa Memasuki Bulan Romadhon dan Hal yang perlu dipersiapkan untuk menyambut Romadhon

Bulan Romadhon adalah bulan dimana setiap Amalan akan dilipat gandakan pahalanya, bulan dimana pintu - pintu surga dibuka.

Setelah Bulan Rajab, Sya’ban berakhir umat Islam akan menemui bulan yang amat mulia, bulan yang Nabi SAW menyebutnya sebagai bulan khusus umatnya.

Untuk menemui bulan Ramadhan, umat Islam perlu mempersiapkan diri dari segi apapun, setidaknya, ada lima hal yang perlu dilakukan dalam rangka menyambut kehadiran bulan Ramadhan.

Apa saja yang mesti di persiapkan dalam rangka menyambut Bulan mulia ini ?

Berikut adalah Doa dan enam hal persiapan umat Islam untuk menyambut Ramadhan

Berdoa dalam hal ini menjadi yang utama ,karena Doa untuk menyambut bulan Ramadhan sekaligus sebagai niat baik dan harapan untuk dapat meraih kemenangan di bulan ramadhan.

Apa dan bagaimana cara mngamalkan doa menyambut bulan Ramadhan ?

Memperbarui Niat

Kenapa niat perlu diperbarui dan bagaimna caranya ?

Kembali pada hukum niat yaitu ; "aniyatu qosdu syai'in" bahwa niat adalah sutu perbuatan hati yang dibarengi bersama perbuatan. tidak heran jika banyak dalil yang menyebutkan jika niat berpuasa yang paling utama adalah saat mendekati imsak, hal itu berdasarkan kutipan kalimat diatas yan berasal dari sebuah kitab fikih bab niat.

Membaca Doa Masuk Romadhon

Doa adalah sebuah permintaan dan harapan bagi orang yang melantunkanya, maka sudah seharusnya lah kita tetap berdoa dengan harapan akan di kabulkan.

Dalam hal doa menyabut bulan Ramadhan Rasulullah SAW kerpa membaca doa berikut.

Doa Rasulullah menyambut bulan ramadhan atau ketika memasuki Bulan Ramadhan

Dari Hadits riwayat Sohabat Annas R.A.

عن انس رضى الله عنه :كان رسول الله صلى الله علىه وسلم :

اذا استهل هلال رمضان استقبل القبلة ثم قل : اللهم اهله علىنا بالامن ولىمن والاىمان زاسلامة والاسلم والعافية والرزق الحسن ودفاع السقام والعون علىوالصلاة والصيام واتلاوة القرأن

Allahumma ahillahu 'alaina bil amni wal yumni wal imani wassalamati wal islami wal 'afiyati warrizqilhasani wadzifa'il asqami wal'auni 'ala sholati wa siyami wa tilawatil qur'an.

Ya Allah masukanlah diri kami di bulan suci ini dengan rasa Aman, keberkahan, keimanan, keselamatan, keislaman, kesehatan, dan rizqi yang baik, serta tertolaknya beberapa penyakit dan semoga di beri pertolongan untuk melaksanakan Sholat, Puasa, dan membaca Alqur'an.

Selain berdoa umat Islam selalu menyambut Ramadhan dengan kegembiraan dan kebahagiaan.

Karena begitu mulia dan penuh kebeekahan bulan Ramadhan, umat Muslim sedari bulan Rajab mulai sudah dianjurkan untuk berdoa memohon agar ditemukan dengan bulan Ramadhan dengan membaca doa :

Baca disini!!

Selain Doa untuk menyambut bulan ramadhan seorang muslim juga perlu mempersiapkan diri dengan berbaga hal yaitu :

Persiapkan Ilmu

Ramadhan harus disambut dengan pengetahuan yang mendalam mengenai seluk-beluk bulan tersebut dan puasa yang menjadi ibadah wajib sepanjang kehadirannya. Karena puasa di bulan Ramadhan merupakan salah satu rukun Islam yang wajib dilaksanakan oleh setiap Muslim. Sebagaimana diketahui, sebagai suatu ibadah, puasa mempunyai ketentuan dan aturan yang harus dipenuhi agar dapat dianggap sah secara hukum fikih.

dan segala jenis Ibadah tanpa didasari ilmu adalah percuma, seperti kutipan dalam syair atau syi'ir jawa yang berbunyi :

"Ibadah kang tompo ilmu paribasan koyo lebu, mabur mawur yen di damu "

yang memiliki arti " ibadah yang tanpa didasari ilmu seumpama Abu beterbangan saat tertiup angin "

Pengetahuan mengenai rukun dan hal-hal yang membatalkan puasa di dalam menjalankannya wajib dipelajari oleh setiap Muslim. juga berbagai macam kesunahan dalam menjalankan ibadah puasa Ramadhan.

Persiapkan Jasmani dan Rohani.

Umat Islam juga perlu mempersiapkan jiwa dan tubuhnya dalam menyongsong bulan Ramadhan. dengan selalu menjaga kesehatan fisik serta rohani, akan menjadikan kita fokus dalam mnjalankan ibadah di bulan ramadhan.

Rasulullah dan para sahabat memperbanyak puasa dan bersedekah pada bulan Sya'ban sebagai latihan sekaligus tanda kegembiraan menyambut datangnya Ramadhan.

Persiapan Harta

Harta atau Materi finansial menjadi bagian terakhir yang harus disiapkan umat Islam dalam menyambut bulan suci Ramadhan. Hal ini tidak ditujukan untuk berfoya - foya, melainkan untuk bekal ibadah dan memperbanyak bersedkah di bulan Ramadhan.

Baca juga : Cara / Amalan untuk memperoleh lailatul qadar


Nah, demikian tadi Doa memasuki bulan ramadhan dan beberapa Hal yang perlu di persiapkan untuk menyambut bulan ramadhan.

Semoga bermanfaat.

Terima kasih telah membaca artikel kami yang berjudul: Doa Memasuki Bulan Romadhon dan Hal yang Dipersiapkan Menyambut Romadhon, jangan lupa IKUTI website kami dan silahkan bagikan artikel ini jika menurut Anda bermanfaat. Simak artikel kami lainnya di Google News.

Posting Komentar

Posting Komentar