0S3d5zLbo07wzSes8mCOCYtdrGvF6lw61q5ubEAM
Bookmark
{{ date }}
{{ time }}
Sudah SHOLAT kah Anda?

Manfaat Ibadah Puasa bagi Kesehatan Jasmani dan Rohani

9 Manfaat Puasa bagi Kesehatan Jasmani dan Rohani
Puasa Berpengaruh dalam Kesehatan Jasmani dan Rohani

Selain memenuhi kewajiban sebagai Umat Islam, berpuasa di Bulan Romadhon maupun Puasa-Puasa Sunnah lainnya memiliki begitu banyak keutamaan juga manfaat untuk kesehatan jasmani dan rohani.

Baca : 11 Keutamaan Bulan Puasa

Menemukan manfaat puasa untuk kesehatan, seperti yang sering kita dengar dalam sebuah hadits yang menyuruh kita untuk berbuasa agar mendapatkan kesehatan? bunyi hadits tersebut adalah "summuu tasihu" yang artinya; berpuasalah kalian agar sehat. Ketika kita telusuri lebih dalam, ternyata puasa memiliki begitu banyak manfaat untuk kesehatan kita.

Berikut penjelasan mengenai berbagai manfaat puasa bagi kesehatan jasmani dan rohani kita :

Saat kita menjalani puasa, pada hari pertama umumnya kita akan merasakan puasa agak berat, hal tersebut adalah normal karena tubuh sedang beradaptasi dengan keadaan baru. Namun beberapa hari kemudian tubuh akan mulai terbiasa, sehingga puasa terasa lebih ringan.

Hal itu ternyata dikarenakan tubuh membutuhkan waktu delapan jam agar bisa menyerap nutrisi dari makanan terakhir yang disantap. Tubuh manusia mampu berpuasa ketika mengonsumsi sesuatu lebih dulu. Nah, disinilah letak manfaat sahur dalam ibadah puasa.

Lalu apa saja Manfaat puasa bagi kesehatan jasmani dan rohani kita?

Berikut 8 Manfaat Puasa untuk kesehatan jasmani dan rohani kita :

Puasa adalah Diet Alami yang Sehat

Diet bukanlah berlaku bagi wanita yang menginginkan bentuk tubuh yang ideal namun Diet disini berlaku bagi siapapun yang memiliki gula dara berlebih yang tidak baik bagi kesehatan.

Ketika kita berpuasa sumber energi utama tubuh pada kondisi normal adalah gula yang tersimpan dalam otot dan hati. Saat berpuasa, simpanan gula tersebut berfungsi sebagai penghasil energi bagi tubuh. Ketika asupan gula tubuh berkurang, sumber energi berikutnya adalah lemak. Ini menjelaskan mengapa puasa punya andil dalam penurunan berat badan dan penurunan kadar gula yang berlebih dalam tubuh kita.


Puasa Membersihkan Racun dalam Tubuh

Tubuh juga membutuhkan detoksifikasi untuk membuang racun-racun dalam tubuh. Makanan yang kita konsumsi sehari-hari mengandung beragam zat yang bisa menjadi racun dalam tubuh. Dengan penyaringan alami saja tidak cukup, harus ada upaya lain untuk membuang racun secara bersih untuk membunuh bibit-bibit penyakit.

Racun-racun tersebut sebagian tersimpan dalam lemak. Pada saat puasa, pembakaran lemak akan lebih banyak dari biasanya. Hal ini yang membuat dengan berpuasa dapat membersihkan racun dalam tubuh.


Puasa Mampu Meremajakan Sel Kulit

Manfaat puasa juga bisa kamu rasakan untuk kecantikan. Sel-sel kulit yang telah mati perlu diganti atau yang biasa disebut peremajaan kulit. Kamu dapat melakukannya dengan berpuasa, karena berhubungan dengan metabolisme dalam tubuh yang berhenti pada saat berpuasa. Hal ini membuat sel-sel dalam tubuh dapat bekerja lebih aktif lagi termasuk sel-sel kulit.


Puasa sebagai Obat stres Mujarab

Dari segi keseatan dan psikologis, puasa diyakini mampu mengatasi stres maupun depresi dalam beberapa kasus, berpuasa adalah salah satu cara jitu berlatih mengendalikan diri dan elatih kesabaran. Di sisi lain, puasa meningkatkan kadar endorfin dalam darah. Hal tersebut membuat seseorang merasa lebih fit dan sehat secara psikis.


Puasa Mendukung Pemulihan Kondisi Medis

Perubahan pola makan sehat saat berpuasa mampu mendukung pemulihan kondisi medis tertentu. Hal tersebut karena usus kita istirahat seharian sehingga usus besar menjadi lebih sehat dan terhindar dari radang usus dan sendi. Bahkan dengan berpuasa bisa menyembuhkan beberapa penyakit kulit seperti psoriasis dan eksim.


Puasa Membuat Jantung lebih Sehat

Dalam Beberapa penelitian menemukan, jika mereka yang rutin berpuasa mempunyai risiko 58% lebih rendah terserang penyakit jantung. Dengan berpuasa, kondisi tubuh saat berpuasa mampu menurunkan resistensi insulin yang menjadi pemicu diabetes.

Namun Anda harus tetap Menjaga kesehatan jantung diimbangi dengan penerapan gaya hidup sehat, dari menjaga pola makan sehat dan olahraga teratur.


Puasa Mampu Menurunkan Risiko Kanker

Dengan berpuasa otomatis asupan tubuh kita dibatasi dari itu laju pembelahan sel dalam tubuh pun berkurang, Dengan kata lain, puasa dianggap bisa menurunkan risiko kanker.


Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Dengan pola makan seimbang pada saat puasa, maka dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Berpuasa dengan mengonsumsi buah-buahan dapat meningkatkan penyimpanan vitamin dan mineral yang dubutuhkan tubuh. Pada saat berpuasa kamu disarankan untuk mengonsumsi buah pada saat sahur dan berbuka agar mencukupi cairan yang hilang selama puasa seharian.


Dengan berpuasa Akan Menjadikan Berat Badan Stabil

Seperti yang telah dijelaskan di atas, ketika kita berpuasa maka akan terjadi pembakaran lemak dalam tubuh, otomatis berat badan dan kolestrol orang yang berpuasa bisa menurun. Kemudian, Ketika berat badan setabil, tubuh mampu mengendalikan tekanan darah hingga bisa mengurangi potensi terkena diabetes, dengan catatan tetap mengendalikan porsi makan saat berbuka puasa.

Konsumsilah makanan bergizi lengkap agar memenuhi kebutuhan energi. Dengan tetap menjaga pola makan sehat, seimbang, disertai asupan cairan yang tepat, berat badan kamu bisa lebih stabil.

Namun ada kondisi tertentu yang wajib kita waspadai saat berpuasa yaitu pada beberapa kondisi kesehatan yang memiliki resiko jika dipaksakan berpuasa, antara lain bagi mereka yang memiliki tekanan darah rendah, anemia juga bagi mereka dengan riwayat penyakit hati atau ginjal, yang sedang menjalani pengobatan rutin, serta bagi ibu hamil dan menyusui.


Bagi Anda yang memiliki keluhan kesehatan diatas sebaiknya berkonsultasilah dengan dokter, hingga Anda bisa lebih tenang dalam menjalani puasa dan dapat merasakan manfaat puasa bagi kesehatan jasmani dan rohani Anda.

Nah, demikian tadi 8 Manfaat dari puasa, semoga bisa menambah semangat untuk berpuasa sunnah, merih sehat jasmani dan rohani. Aamiin.

Terima kasih telah membaca artikel kami yang berjudul: Manfaat Ibadah Puasa bagi Kesehatan Jasmani dan Rohani, jangan lupa IKUTI website kami dan silahkan bagikan artikel ini jika menurut Anda bermanfaat. Simak artikel kami lainnya di Google News.

Posting Komentar

Posting Komentar